Selasa, 23 Oktober 2012

Jurnal 1 (Metode Riset)

( Tema  :  Perkembangan Industri kecil di Beberapa wilayah di Indonesia )


Judul                              : Dampak Perkembangan Industri Kreatif Terhadap Pola Penggunaan Lahan di Kota Bandung
Nama Pengarang          : Fikry Zul Fahmi
Tahun                             : 2009

Latar Belakang Masalah
  • Fenomena
Kota Bandung ditunjuk sebagai pilot project kota kreatif se-Asia Timur dan Asia Tenggara berdasarkan pertemuan Yokohama Juli 2007. Selain itu, pemerintah mencanangkan tahun 2009 sebagai Tahun Ekonomi Kreatif Indonesia. Perkembangan industri kreatif di Kota Bandung pun berlangsung semakin pesat, terutama dalam sektor fesyen, desain, dan musik. Perkembangan industri kreatif tersebut berdampak terhadap produktivitas ekonomi daerah yang juga mengindikasikan peningkatan intensitas sistem kegiatan.
  • Penelitian Sebelumnya
Sebelumnya Mayoritas penggerak usaha industri kreatif di Kota Bandung adalah perusahaan perseorangan dengan jumlah pekerja tidak lebih dari 10 orang dan berlokasi di sekitar perumahan. Walaupun begitu, kontribusi indsutri kreatif terhadap ekonomi cukup besar. Pada tahun 2007, industri kreatif di Kota Bandung menyumbang 14,46% PDRB dengan menyerap ribuan tenaga kerja. Melihat kontribusi yang besar ini sangat tepat bila pengembangan industri kreatif harus diperhatikan dengan baik.
  • Motivasi Penelitian
Penulis tertarik untuk dapat mengidentifikasi dampak perkembangan industri kreatif terhadap pola penggunaan lahan di Kota Bandung.
  •     Masalah
perkembangan ini sepertinya sama sekali tidak tersentuh oleh berbagai kebijakan yang dikembangkan oleh pemerintah. Bahkan bisa dikatakan pemerintah kita terlambat dalam menyadari potensi yang dimiliki oleh masyarakatnya.

  • Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui Perkembangan industri yang terjadi serta peluang-peluang yang bisa di kembangkan lagi yang bisa memberikan sesuatu yang positif bagi kota Bandung.

Sumber            : puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/pwk/article/download/.../17727
                                 www.bandung.go.id/images/Materi.../Bab_2_Tujuan_&_Jakstra.pdf
Anda memberi ini +1 secara publik. Urungkan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar