Selasa, 23 Oktober 2012

Jurnal 2 (Metode Riset)

( Tema  :  Perkembangan Industri kecil di Beberapa wilayah di Indonesia )

Judul                       : Perkembangan Industri Batik Tulis Gedog “Kesatriyan”  Desa Margorejo, Tuban (1997 – 2002) 
Nama Pengarang         : Sidik Kurniasih Agustina
Tahun                            : 2010

Latar Belakang Masalah 
    
  • Fenomena
Sebagai suatu industri kecil, kegiatan produksinya dipengaruhi oleh kondisi perekonomian negara. Hal ini nampak pada kurun waktu 1997-2002 dimana pada kurun waktu tersebut kondisi perekonomian Indonesia terpuruk akibat krisis ekonomi serta peristiwa bom Bali. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 1997-2002 terjadi perubahan khususnya pada pola kegiatan produksi yang mencakup masalah modal, hasil produksi, daerah pemasaran serta laba yang berhubungan dengan pendapatan para perajin menunjukkan angka penurunan. Dengan demikian maka kehidupan para perajin batik tulis gedog “Kesatriyan” pada kurun waktu tersebut masih jauh dari ukuran sejahtera.
  • Penelitian Sebelumnya
bahwa krisis moneter mempunyai pengaruh terhadap eksistensi industri batik tulis gedog “Kesatriyan” pada tahun 1997-2002 menunjukkan angka penurunan. Menyikapi hal tersebut, peranan dari pihak pemerintah di perlukan untuk ikut meningkatkan industry batik.
  • Motivasi Penelitian
tertarik terhadap Seni batik yang merupakan salah satu kesenian khas Indonesia yang telah berabad–abad lamanya hidup dan berkembang sehingga menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah budaya bangsa. Kondisi perekonomian negara dapat mempengaruhi terhadap eksistensi suatu industri kecil.
  •  Masalah
Dalam perkembangannya antara tahun 1997-2002, industri batik tulis kesatrian banyak mengalami perubahan akibat adanya krisis moneter dan peristiwa bom Bali. Krisis moneter yang terjadi menyebabkan penurunan pada modal produksi batik tulis gedog Kesatriyan, Kondisi perekonomian sangat mempengaruhi industry kecil di beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi desa Margorejo yang gersang dan kurang cocok untuk pertanian mendorong sebagian masyarakatnya menekuni bidang lain di luar pertanian salah satunya adalah membatik.maka dari itu industry batik sangat cocok bagi masyarakat setempat, perindustrian batik tulis gedog “kesatriyan” di desa tersebut akan membawa kemajuan bagi desa mereka apabila di dukung oleh pihak pemerintah daerah untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung karena sumber daya manusia di desa tersebut sangat potensial untuk di kembangkan lagi agar roda perekonomian di desa tersebut bisa mengalami kemajuan.
  • Tujuan Penelitian
Sebagai generasi muda, ingin turut serta dalam memajukan perindustrian yang ada di beberapa wilayah di Indonesia mengenal dan ikut melestarikan seni batik. Yang bisa memajukan kondisi Margorejo tetapi juga Indonesia dengan berkembangnya kesenian khas Indonesia.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar