PENELITIAN TERDAHULU
A.
Penelitian Pada Indomaret Terwaralaba
Sekar Nareswari Cibubur
a) Faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap Indomaret Terwaralaba
Sekar Nareswari Cibubur berdasarkan analisis dari kelima dimensi, dimensi kehandalan
mempunyai X2 hitung = 106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2
hitung = 48,72, dimensi kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi
perhatian mempunyai X2 hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan
X2 hitung = 107,32. Dari kelima dimensi tersebut dimensi kehandalan
dan dimensi bukti wujud yang sangat berpengaruh dengan kepuasan konsumen,
karena dengan kehandalan Indomaret dalam menyediakan berbagai macam merek dan
produk serta pelayanan karyawan yang ramah sehingga konsumen merasa dilayani
dengan baik, begitu juga dengan keadaan toko yang rapi dan bersih sehingga
konsumen nyaman berbelanja di Indomaret tersebut.
b)
Dari analisis yang dilakukan
terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti
Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert
sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas
dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan
melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian,
dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90%
(95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan
konsumen.
B.
Penelitian Pada Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7
Berdasarkan analisa dan pembahasan
dengan metode Skala Likert yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa sebagian besar
responden menyatakan puas. Denagn demikina pihak manajemen telah berhasil
membuat para konsumen tertarik untuk berbelanja di Carrefour Hypermarket
Bintaro sektor 7. Hal ini dapat dilihat dari dimensi-dimensi pelayanan yang
mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di carrefour Hypermarket Bintaro Sektor
7 baik dari dimensi keandalan, dimensi keresponsifan, dimensi keyakinan,
dimensi empati dan dimensi berwujud. Secara keseluruhan konsumen merasa puas,
dengan rata-rata nilai 342.35, dimana nilai tersebut dikategorikan baik dengan
kelas interval (340-419).
Sedangkan hasil Uji Chi Square diperoleh hasil yang sama,
yaitu konsumen merasa puas. Ini terlihat pada Chi Square Hitung > Chi Square
tabel (53,375 > 26,2962) dan nilai Asytotic Significance yaitu 0,000 atau
probabilitas kurang dari dari 0,05. Artinya hipotesa awal (Ho) ditolak atau konsumen
merasa puas terhadap pelayanan Carrefour Hypermarke Bintaro Sektor 7.
C.
Penelitian Pada Giant Hypermart
Cimanggis
Berdasarkan analisa dan pembahasan yang dilakukan terhadap
100 orang responden, dengan metode skala likert responden menyatakan puas. Ini
berarti Giant Hypermarket Cimanggis telah berhasil memberikan layanan yang
terbaik atau yang memuaskan kepada para konsumennya, baik dari dimensi
keandalan (reliability expectations), dimensi keresposifan (responsiveness
expectations), dimensi keyakinan (assurance expectations), dimensi
empati (emphaty expectations) dan dimensi berwujud (tangible
expectations) secara keseluruhan konsumen merasa puas, dengan rata-rata
nilai 342,35, dimana nilai tersebut dikategorikan Baik dengan kelas interval (340-419).
Sedangkan hasil uji Chi Square diperoleh hasil yang tidak
berbeda yaitu konsumen merasa puas. Ini terlihat pada Chi Square Hitung >
Chi Square Tabel (53,375>26,2962) dan nilai Asymtotic Significance yaitu
0,0000 atau probabilitas kurang dari 0,05 artinya hipotesa awal (Ho) ditolak,
atau konsumen merasa puas terhadap pelayanan Giant Hypermarket Cimanggis dapat
diterima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar