BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1 Data Dan
Sumber Data
a. Data
Primer
Data yang
digunakan adalah data primer, yaitu berupa data yang diperoleh secara langsung
dari jawaban responden melalui penyebaran kuesioner.
b. Data
Sekunder
Data sekunder
didapatkan secara tidak langsung melalui studi pustaka dimana pengambilan data
ini dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang mendukung penulisan ini yang
tidak diperoleh dari perusahaan.
3.2 Varibel Penelitian
Variabel yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah:
·
Dimensi kehandalan
kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan janji yang ditawarkan.
·
Dimensi daya
tanggap
respon atau kesigapan karyawan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan
tanggap, yang meliputi kesigapan dalam
melayani konsumen, kecepatan menangani transaksi, dan penanganan keluhan-keluhan konsumen.
·
Dimensi kepastian
meliputi
kemampuan karyawan atas pengetahuan terhadap produk secara tepat, kualitas
keramahtamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi
pelayanan, ketrampilan dalam memberi informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan di dalam memanfaatkan jasa yang
ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan
kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.
·
Dimensi perhatian
perhatian
secara individual yang diberikan perusahaan kepada konsumen seperti
kemudahan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan
karyawan untuk berkomunikasi dengan konsumen, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan
konsumennya.
·
Dimensi bukti
wujud/fisik
meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan
tata letak ruangan dalam, tersedianya tempat
parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan
ruangan, kelengkapan peralatan komunikasi dan penampilan karyawan. (Umar, 2000:234-236).
3.3 Metode Penelitian
Penulis
menggunakan metode pengambilan populasi dan sampel. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel
dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang
ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini
peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen pada ritel
hipermarket
Penulis
menggunakan tiga cara metode pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penulisan
ini :
a) Observasi
yaitu mengadakan secara langsung aktivitas kegiatan perusahaan.
b) Wawancara
yaitu dengan cara mendatangkan dan mewawancarai langsung pihak perusahaan yang
bersangkutan, yaitu Bpk. Suparman selaku MD di supermarket gyant.
c) Kuisioner
yaitu data yang didapat berdasarkan dari sebaran daftar pertanyaan yang diberikan
kepada 50 responden, yaitu para konsumen yang berbelanja pada
supermarket Sekar Nareswari Cibubur.
3.4 Model Penelitian
Pada penelitian ini di
gunakan model penelitian sebagai berikut:
·
Uji
Validitas
Item-item pertanyaan yang akan
digunakan sebelumnya terlebih dahulu harus dilakukan uji validitas. Tujuannya
adalah agar data yang diambil benar-benar mengukur apa yang hendak diukur.
Dalam metode validitas dan reliabilitas, acuan untuk mengambil keputusan valid
atau tidaknya suatu item dapat dilakukan dengan melihat nilai seluruh item
alpha. Bila nilai alpha seluruh bertanda positif maka item tersebut dianggap
valid.
·
Uji
Reliabilitas
Uji reliabilitas dilakukan untuk
mengetahui konsistensi hasil pengukuran variabel. Suatu instrumen dikatakan
reliabel apabila memiliki nilai Cronbach Alpha lebih besar dari 0,60 (
Ghozali,2001:129 ).
·
Uji Analisis Statistik Deskriptif
Uji
ini digunakan untuk menggambarkan tentang ringkasan data-data penelitian
seperti mean.
·
Uji T-Test
Untuk pembuktian hipotesis
dilakukan dengan T-Test atau T-score. Alasan peneliti menggunakan T-Test dalam
menganalisa data adalah karena T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik
statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaan mean-meannya.
Mencari nilai T uji sampel berpasangan dengan alat bantu sofwtware SPSS For
Windows 15.0:
·
Metode Chi Square
Uji chi kuadrat ( Chi Square)
adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi /
yang benar-benar terjadi / actual (F) dengan frekuensi harapan / ekspektasi
(Fe) yang didasarkan atas hipotesis tertentu. Bentuk distribusi Chi Square
adalah x2, nilai x2 adalah nilai kuadrat karena nilai x2 selalu positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar