KERANGKA PEMIKIRAN
- Reliability ( kehandalan) = X1
- Responsiveness (daya tanggap) = X2
- Assurance (jaminan) = X3
- Emphaty (empati) = X4
- Tangibles (produk-produk fisik) = X5
- Kepuasan Konsumen = Y
Dalam memilih toko konsumen memiliki kriteria
evaluasi diantaranya adalah faktor kenyamanan, pelayanan, kelengkapan produk,
dan lain sebagainya hal tersebut menjadikan faktor yang sangat penting dan
harus diperhatikan produsen karena akan menjadi bahan perbandingan bagi
konsumen untuk memilih toko mana yang akan didatangi konsumen (James F
Engel,1994:258), dalam membandingkan minimarket mana yang akan
dikunjungi konsumen akan mempertimbangkan beberapa hal berikut diantaranya:
Yang pertama lokasi, konsumen
mementingkan jarak minimarket manakah yang paling dekat dari tempat
tinggal untuk efisiensi waktu, namun ada juga konsumen yang lebih
mempertimbangkan tempat parkir yang nyaman meski jarak yang ditempuh lebih jauh
dari tempat tinggal. Yang kedua promosi
konsumen cenderung memilih minimarket mana yang menginformasikan produknya
lebih baik melalui iklan yang menarik, namun ada juga konsumen yang tidak
mementingkan promosi yang menarik untuk mendatangi suatu minimarket yang
terpenting adalah pelayanan yang memuaskan. Yang ketiga konsumen membandingkan minimarket mana yang
memberikan harga yang lebih murah meski pelayanan kurang memuaskan atau ada
juga konsumen yang cenderung memilih pelayanan yang memuaskan meski harga yang
dibayar lebih mahal. Keempat
konsumen mempertimbangkan kenyamanan berbelanja sebelum mengunjungi minmarket
karena lebih berorientasi rekreasi walaupun harga yang ditawarkan lebih
mahal namun ada kepuasan batin tersendiri bagi konsumen yang berorientasi ini,
namun konsumen yang berorientasi belanja perusahaan yang menjadi pertimbangan
itu adalah minimarket Indomaret dan Alfamart yang memiliki kesamaan
strategi pemasaran dan karateristik. Kelima
kelengkapan produk, konsumen dalam memilih minimarket mana yang akan di
kunjungi dengan mempertimbangkan lengkap tidaknya produk yang di jual pada minimarket
itu, jika ada minimarket yang lebih
lengkap meskipun jarak yang di tempuh agak jauh maka konsumen akan mengunjungi
minimarket yang lebih lengkap produknya. Keenam
pelayanan, dalam berbelanja konsumen yang mementingkan pelayanan akan
memilih minimarket yang memberikan pelayanan sesuai keinginannya, namun
konsumen yang kurang mementingkan pelayanan akan memilih minimarket yang
memberikan harga yang terjangkau dengan pelayanan yang standar
dan memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar