Judul : Analisis
Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan CARREFOUR HYPERMARKET BINTARO
SEKTOR 7
Sumber : Hendrikus Arinanda Fakultas ekonomi Universitas Gunadarma
Tahun : 2010
Tema : “Analisis Mengenai Tingkat Kepuasan
Konsumen Pada Minimarket”
Latar Belakang Masalah
Dalam kompetisi global ini seperti dewasa ini,
konumen cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan. Oleh karena itu,
perusahaan dituntut untuk selalu melakukan kreasi dan meningkatkan kualitas
pelayanannya dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. Jika hal ini tidak
dilakukan tentunya mempunyai resiko akan kegagalan mendapatkan laba maksimal
dan berpalingnya para konsumen ke kompetitor. Fenomena seperti ini memaksa
perusahaan untuk mengubah paradigma bisnis secara tradisional dan beralih
orientasi kepada kepuasaan konsumen serta mengambil strategi proaktif demi
meningkatkan daya saingnya.
Kualitas pelayanan telah menjadi senjata paling
jitu untuk berkompetisi yang digunakan oleh pemimpin dalam perusahaan dagang
ataupun jasa. Para pemimpin dalam perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin
perusahaan dagang dewasa ini berusaha membuat kualitas pelayanan yang super
sebagai upaya untuk mendapatkan loyalitas konsumen.
Salah satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis
jasa sekarang ini adalah membina hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan
cara menyediakan kualitas pelayanan yang memadai. Dewasa ini, hampir semua
industri dagang ataupun jasa memfokuskan diri pada upaya meningkatkan pelayanan
yang diberikan. Pada umumnya semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan
perusahaan, mereka biasanya lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.
Tujuan memberikan pelayanan yang berkualitas bagi
para konsumen yaitu menciptakan rasa puas yang tercemin dari perilaku mereka
untuk memilih layanan yang kita berikan dan atau mempengaruhi mereka untuk
kembali lagi diwaktu lain dan juga merekomendasikan kepada kolega dan
keluarganya. Jika hal itu terjadi, maka dapat dikatakan bahwa mereka telah
merasakan pelayanan yang berkualitas dan menjadi loyal.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah
kepuasan konsumen dengan judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN
CARREFOUR HYPERMARKET BINTARO SEKTOR 7”.
Tujuan Penilitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kepuasaan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7.
Metode Penitilian
1. Objek Penelitian
Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7.
2. Data / Variabel
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
adalah data primer yang dapat dari konsumen melalui kuisioner. Kuisioner
terbagi atas 50 pertanyaan mengenai kualitas pelayanan Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7 dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden.
3. Metode Pengumpulan Data / Variabel
Dalam pengumpulan data penulis menggunaka metode
kuisioner. Yaitu metode pengukuran yang berupa pertanyaan-pertanyaan untuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap keseluruhan pelayanan yang
diterima. Pernyataan-pernyataan tersebut diukur dengan 5 point skala Likert
dengan tingkatan dari “Sangat Tidak Puas” sampai dengan “Sangat Puas”.
4. Hipotesis
Hipotesa awal penelitian ini adalah konsumen
tidak puas terhadap pelayanan Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7.
Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan analisa dan pembahasan dengan metode
Skala Likert yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden
menyatakan puas. Denagn demikina pihak manajemen telah berhasil membuat para
konsumen tertarik untuk berbelanja di Carrefour Hypermarket Bintaro sektor 7.
Hal ini dapat dilihat dari dimensi-dimensi pelayanan yang mempengaruhi konsumen
untuk berbelanja di carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7 baik dari dimensi
keandalan, dimensi keresponsifan, dimensi keyakinan, dimensi empati dan dimensi
berwujud. Secara keseluruhan konsumen merasa puas, dengan rata-rata nilai
342.35, dimana nilai tersebut dikategorikan baik dengan kelas interval
(340-419).
Sedangkan hasil Uji Chi Square diperoleh hasil
yang sama, yaitu konsumen merasa puas. Ini terlihat pada Chi Square Hitung >
Chi Square tabel (53,375 > 26,2962) dan nilai Asytotic Significance yaitu
0,000 atau probabilitas kurang dari dari 0,05. Artinya hipotesa awal (Ho)
ditolak atau konsumen merasa puas terhadap pelayanan Carrefour Hypermarke
Bintaro Sektor 7.
Saran
Setelah mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7, perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan pada
dimensi keresponsifan (keinginan staff untuk membantu konsumen) dan dimensi
keyakinan (profesionalitas staff dalam bekerja). Hal ini dapat dilakukan dengan
pelatihan, motivasi, dan kompensasi yang tepat agar para karyawan selalu
bersemangat dengan melayani konsumen. Pada akhirnya, tujuan perusahaan untuk
menciptakan rasa puas bagi para konsumen dan mempengaruhi mereka untuk kembali
berbelanja di Carrefour Hypermarket Bintari Sektor 7 juga merekomendasikan
kepada kolega atau keluarga dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar