BAB 9
MEMPENGARUHI
SIKAP DAN PERILAKU
1. Dari bujukan hingga komunikasi
Konsumen
adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga) yang membeli dan
mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya atau
untuk maksud lain.Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli
merupakan respons perilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang
mendasarkan pada arus proses perilaku konsumen ini sering dikenal sebagai model
rangsangan-tanggapan (stimulus-respons model).
Stimulan
yang merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas rangsangan pemasaran dari
pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu sendiri. Sedangkan proses
pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor personal maupun sosial konsumen.
Respons perilaku konsumen dapat dijadikan faktor yang dapat membentuk keputusan
pembelian (yaitu pembelian selanjutnya) atau tidak melakukan pembelian (menolak
produk yang ditawarkan).
Rangsangan pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan yang dapat dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik modifikasi yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui beberapa aspek pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek promosi.
Rangsangan pemasaran dari pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yaitu seluruh kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi mengenai produk tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan yang dapat dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik modifikasi yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui beberapa aspek pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek promosi.
2. Teknik modifikasi perilaku
Modifikasi perilaku secara umum dapat didefinisikan sebagai hampir segala
tindakan yang bertujuan mengubah perilaku. Definesi yang tepat dari modifikasi
perilaku adalah usaha untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun
prinsi-prinsip psikologis hasil eksperimen lain pada perilaku manusia
(Bootzin,1975).
Dalam perkembangannya,modifikasi perilaku berkembang secara pesat mulai
tahun enam puluhan. Modifikasi perilaku mulai mempengaruhi praktik-praktik
perlakuan terhadap perilaku pada psikologi yang lain. Sebagai
konsekuensinya,modifikasi perilaku tidak lagi begitu ketat,tidak memperlakukan
manusia seperti binatang eksperimen dalam laboratorium,tetpai perlakuannya
lebih manusiawi. Modifikasi perilaku banyak mengasimilasi praktik-praktik
psikologi lain. Sasaran utama tetap mengubah perilaku lahiriah,dalam arti
menghilangkan gejala-gejala kelaianan,bukan hanhya mencapai insight mengenai
penyebab perilaku. Telah disadari oleh para pengembangnya,bahwa mengabaikan
dasar dan penyebab perilaku adalah tindakan yang tidak masuk akal. Namun
insight mengenai dasar dan penyebab itu bukan tujuan utama dalam modifikasi
perilaku ,tetapi perhatian utama pada perilaku subjek sekarang(here and
now),bukan pada saat usul perilaku.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar